Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatuh.


Hi guys!


How are you today ? Alhamdulillah I'm good. I hope all of you fine.

Before we start our lesson let's say basmallah ! Bismillahirrahmaanirrahiim.

Today we will discuss about "NOTICE".

1. Definisi

2. Tujuan

3. Struktur Teks

4. Ketatabahasaan


Tapi sebelumnya saya mau mengapresiasi dulu tentang siswa yang sudah mengerjakan tugas2nya yang masuk ke email saya dan dah masuk di blog. yang sudah masuk sebanyak : tugas 1 sekitar 75  siswa dari jumlah siswa 197 dan tugas ke 2 baru sekitar 65 siswa dari jumlah siswa kelaseluruhan 197. Saya ucapkan terima kasih bagi siswa yang sudah mengerjakan tugas-tugasnya ...dan yang belum mengerjakan segera mengumpulkan karena tugas di blog saya akan terima secara on line dan tidak off line kecuali hasil browsing. Oleh karena itu dimohon kepada siswa segera mengumpulkan tugasnya sebelum waktu pengumpulan tugas berakhir...karena sangat diperlukan untuk pengisian raport. 

Selanjutnya saya akan membahas tentang hasil kerja kalian yang sudah mengumpulkan tugas semoga semakin mengerti dan faham tentang PAST TENSE  maupun RECOUNT TEXT. 

⇾Ciri PAST TENSE adalah menggunakan Verb 2 dan auxiliary DID.
   Verb 2  dibagi menjadi :

1.  Kata kerja yang beraturan disebut regular verb dibentuk dari V1 + d/ed, contoh Study menjadi studied, cook menjadi cooked, wash menjadi washed, dst.

2. Kata kerja yang tidak beraturan disebut irregular verb seperti go  tidak go+ed menjadi goed tapi kata kerja yang benar adalah go menjadi went, meet menjadi met, buy menjadi bought. Irregular verb bisa dilihat di kamus -kamus atau browsing dengan judul irregular  verb.

Sedangkan "DID" digunakan sebagai kata kerja bantu dalam kalimat negative dan introgative, contoh:
-  I did not do my homework yesterday, atau I did'n do my homework yesterday, itu contoh dalam kalimat negative yang artinya saya tidak mengerjakan PR tadi malam. 
- Did you do your homework last night ? artinya apakah kamu mengerjakan PR tadi malam ?

Selain kalimat verbal tersebut diatas terdapat juga kalimat nominal yang menggunakan tobe. tobe yang digunakan bukan is, am dan are tetapi was dan were. coba bandingkan perbedaan dalam penggunaannya :
- I am sick today. artinya saya sakit hari ini.
- I was sick yesterday.  artinya saya sakit kemarin.

- We are at home today. artinya kita  berada di rumah hari ini.
- We were at school a month ago. artinya kita berada di sekolah sebulan yang lalu.

Kesimpulannya kalimat past tense digunakan apabila kejadian tersebut sudah dilakukan.                    Karangan yang terkait dengan pola kalimat past tense adalah teks "Recount".
Purpose atau Aim atau Goal artinya tujuan dari karangan recount teks adalah : To tell/retell something in the past time atau menceritakan kembali suatu kejadian di masa lampau.
Sedangkan struktur teks nya ada 3 bagian:

Pertama diawali dengan yang disebut :
orientation berisi tentang Who,Where,What,When.  Subjeknya siapa orang- orang yang terlibat dalam kejadian tersebut. Kemana atau dimana kejadian tersebut bertempat atau berlokasi. Kapan kejadian teraebut terjadi. Dan Kejadian apa saja.
-Events. rangkaian peristiwa yang terjadi secara urut tidak boleh alurnya maju mundur.
-Re-orientation Kesimpulan dan komentar pengarang dari kejadian tersebut.

Jangan lupa dalam menjawab soal kalau ditanya first paragraph berarti paragraph pertama, second paragraph berarti paragraph kedua, third paragraph berarti paragraph ketiga, fourth paragraph berarti paragraph keempat,dst. kalau last paragraph berarti parapraph terakhir.
Kalau mengacu pada struktur karangan recount first paragraph sudah tentu jawabannya "orientation", dan last paragraph berarti "Reorientation", sedangkan second paragraph,third paragraph,dst disebut "Event".


Semoga yang belum faham bisa memahaminya dan ketika menjawab soal-soal recount berikutnya tidak menjawab dengan salah lagi.

Pembahasan berikutnya adalah tentang: NOTICE
Sebelum didiskusikan silahkan browsing terlebih dahulu tentang Notice . Tugasmu adalah browsing :
1. DEFINISI NOTICE
2. TUJUAN NOTICE
3. STRUKTUR NOTICE
4. TATA KEBAHASAAN DALAM NOTICE
5. MACAM-MACAM NOTICE
6. CONTOH NOTICE

DICATAT DI BUKU TULIS MASING-MASING ! PELAJARI DAN FAHAMI!  LUSA SOAL-SOAL DIJAWAB. MINGGU DEPAN KITA DISKUSIKAN! SEE YOU SOON.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL-SOAL RECOUNT TEXT

Recount Text